BAB 4 Content Marketing Strategi SEO |
Disini sudah menjelasknan berbagai panduan dan anda akan berkenalan tentang bagian terpenting didalam sebuah tehnik SEO untuk memasarkan konten.
...Termasuk SEO dan konten marketing seperti dua sisi dalam sebuah koin saat ini.
Mungkin kalau dulu, yang sering bikin kesalahan terjadi pada konten marketer yang tidak pernah memperhatikan SEO.
Begitupun dengan seorang praktisi SEO, juga tidak memperhatikan konten.
Dari pihak keduanya sama-sama percuma tidak menganggap
dan akan berakibat proses pengembangan website tidak akan berjalan maksimal.
Setrategi marketing dengan konten yang tepat dan akan membantu optimasi mesin pencari dan kata kunci yang sukses dari website maupun bisnis online anda.
Bahkan berbagai bentuk penjualan atau pemasaran online yang mengandalkan SEO semua itu juga tergantung dari konten.
Bisa mungkin setelah anda membaca ini, anda - para pengguna tehnik SEO - akn mempunyai mindek seperti juga kayak content marketer... dan begitupun sebaliknya.
Apa yang dimaksut dengan content marketing itu?
Adalah segi pemasaran yang dilakukukan dengan usaha menyediakan konten yang bermanfaat banyak orang lain... yang mempunyai tujuan supaya dari mereka mengenal bisnis/ usaha yang anda kerjakan.
Setrategi ini paling populer, dan bisa kita lihat dalam perkembanganya sangat melunjat pesat seperti grafik dibawah ini:
Mungkin ini termasuk istilah baru yang dikenal sejaktahun 2011-2012, tapi strategi tehniknya sudah diaplikasikan ke website sudah sangat lama...
Misalnya seperti:
Ada sebuah produk suplemen fitnes konten-konten yang diterbitkan berisi tehnik pola latihan dan menjaga pola makan untuk pengembangan otot. Nah... dengan demikian caranya orang-orang akan mencari informasi tentang produk tadi yang akan diarahkan ke website penjualan produk suplemen tadi.
Nah... dari itulah bisa dilihat ada sedikit keterhubunganya...
Dari seorang content marketer itu sangat membutuhkan tehnik pengaplikasiakan SEO mungkin supaya contentnya akan mendaptkan peringkat yang terbaik didalam mesin pencari ( search engine ) karena dari pihak google itu adalah sumber traffic yang terbesar.
...Terus bagaimana kalau sebaliknya...?
Yang dimaksut SEO Modern adalah content marketing + SEO
Dari jaman terdahulu mungkin kebanyakan orang-orang pada antusias terhadap SEO dan selalu mencari-cari celah supaya websitenya bisa mendapatkan rangking per-1 di google.
Entah seperti itulah dengan cara permainan keyword, backlink, maupun social media.
( Dari peristiwa kedua yang terakhir nantinya akan dibahas bab berikutnya )
Tapi SEO kunci dari SEO akan bisa ditebak dijaman sekarang dan bisa dilihat apa isi sebenarnya dari semua pihak didalamnya.
Ada 3 pihak yang terkandung dalam SEO:
penggun, website dan google.
pengguna ingin cepat dan praktis mendapatkan informasi secepat mungkin.
Supaya bisa memuasakan para pengguna, pihak google akan memberi hasil di rangking teratas...
...Seperti itulah, untuk bisa menempatkan posisi rangking teratas anda harus menyediakan konten yang berkualitas mengandung informasi terbaik.
Seperti itulah konten memegang peranan paling penting.
Mempuyai konten yang baik = informasinya sangat berkualitas.
Supaya bisa menciptakan kualitas lonten terbaik,
maka seorang praktisi SEO harus belajar content marketing
Jadi seperti ini, akan disimpulkan kalau digital marketing posisi SEO dan conten marketing itu saling berhubungan...
Terus apa yang harus dilakukan..?
Kita sadari kalau peranan konten itu penting dalam tehnik SEO, maka sudah pasti kalau setelah ini anda akan fokus ke pembuatan konten dan penerbitan konten.
..."ingat ini harus hati-hati bisa jadi akan menjadi kesalahan besar.
Tidak semua konten baik untuk SEO. jangan membuat dengan asal-asalan itu tidak akan membuahkan apapapun
... justru mala rugi buat anda.
Soalnya dari kebanyakan manusia tidak suka membaca yang tidak masuk akal,
demikian pula dengan pihak google. Maka dari itu perhatikan aturan main berikut:
Ini ada beberapa artikel sangat membantu anda:
~. Bagaimana cara membuat konten unggulan
~. Menulis artikel SEO-friendly
~. Membuat konten yang bebobot menggunakan metode KTP.
2. Kuantitas dari konten mungkin tidak terlalu penting
Kalau kuantitas berbanding terbalik dengan kualitas.Beda lagi kalau anda punya banyak penulis profesional.
Jika anda semakin sering menerbitkan konten, maka akan sulit mempertahankan kualitas website anda.
Iya...konten memang penting!
..."Tapi jangan cuma membuat konten kalau cuma ingin mempuyai konten saja.
Usahakan konten yang anda buat tidak sama dengan website yang lain, dan usahakan nilai konten nda lebih tinggi...
3. Dari pihak google yang me-rangking, bukan dari website.
Mereka punya beribu halaman tapi yang mendapatkan posisi terbaik cuma salah satu konten yang terbaik.
Jumlah halaman tidak mempengarui.
Tapi selain itu, apabila anda mempunyai terlalu banyak halaman yang mengincar keyword tertentu, maksudnya begini anda akan bersaing dengan diri sendiri... tapi dari pihak google kebanyakan cuma 1 halaman yang di tampilkan dari website.
..."jadi, lebih baik membuat satu konten satu tapi berkualitas dari pada membuat 2 atau 3 konten topik yang sama.
4. Karena konten yang berkualitas itu belum cukup
meskipun konten salah satu peran yang terbesar, tapi google itu sebuah robot.
Dari pihak google bisa menentukan dimana artikel relevan dengan apa yang dipingin tetapi bukan mereka yang menentukan dari kualitasnya.
Maka dari itu mereka harus membutuhkan faktor luar:
untuk kepuasan para pembaca
Coba sadari, apayang harus anda lakukan setelah menerbitkan konten untuk memberitahukan keberadaan anda kepada orang lain...
Cara mempromosikan konten nanti akan di jelaskan lebih lanjut dalam panduan tersebut.
5. Penggunaan keyword yang benar
Para conten marketer sering kali lupa dengan keywod, padahal keyword salah satu pemegang peran paling penting dalam tehnik SEO.
Dari penggunaan kata kunci dalam artikel akan bisa merubah konten menjadi sinjata utama, saymurai tajam... sepertiitulah.
Ada 4 kesalahan ketika menggunakan keyword untuk konten
1. Keyword umum
pengincaran kata kunci yang umum dan luas yang tak memperpedulikan search intent (tujuan pencarian)
2. Keyword stuffing
kata yag digunakan sama dan di ulang beberapa kali sama dalam satu halaman, harapanya supaya bisa di anggap relevan dari pihak google. padahal ini akan berakitan fatal.
3. Tanpa Keyword
kalau anda sudah banyak konten yang dipublikasikan, anda akan merasakan kalau konten yang di incar itu secara tepat akan mendapatkan pengunjung yang lebih loyal. dari pada tidak ada inceran sama sekali.
4. Pesaingan internal - contoh satu website muncul cuma satu halaman di hasil pencarian. kalau lebih dari itu keywordnya sama mengincar yang sama. maka anda akan terjadi persaingan internal halaman. maka dari itu lakukan verifikasi keyword untuk setiap halaman.
Ada pengecualian : memahami search intent
Tidak semua kata kunci pencarian google memberi rangking pertama dari konten, foto atau video.
contoh misalnya: ada seseorang mencari pencarian kata kunci "beli laptop".
apa kira-kira hasil yang mereka inginkan?
~ Artikel tentang cara membeli laptop
~ Video tips membeli laptop
~ Toko online yang menjual laptop
Dari hasil ke-3 semua 100%
Dari pihak Google dan search engine atau mungkin mesin pencari yang lain akan menyadari hal seperti ini, maka dari itu untuk kata kunci "beli laptop" sangat sulit jikaanda ingin merai rangking pertama.
Jadi, pahamilah maksud keyword-nya
Bab selanjutnya akan membahas mengenai SEO off-page, topik ini membahas lebih lanjut lagi mengenai marketing dan hubungannya dengan SEO.
Anda sudah menyelesaikan 4 dari 7 bab
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar