BAB 2 On-page SEO Optimiztion Untuk halaman |
maksudnya, anda yang akan melakukan optimasi sendiri terhadap website anda.
Optimasi on-page juga mempunyai tujuan supaya search engine akan mengetahui apakah website yang anda jalankan itu memang relevan atau mungkin sesuai dengan apa yang dicari oleh para User. itupun yang memang bener-bener mempunyai kualitas terbaik.
...Oleh sebab itu ada 2 kunci untuk mencapai semua itu
1. Website yang relevan
2. mempunyai kualitas terbaik di search engine.
Jika anda belum memenuhi standard keduanya, jangan harap bisa mendapatkan dihalaman pertama dimesin pencari. Diartikel ini ,kita akan mempelajari tentang bagian-bagian mana saja untuk perkembangan website anda menjadi yang terbaik.
Anda harus mengaplikasikan tehnik optimasi on-page SEO dan bagaimana cara untuk bisa mengexplore ke website anda untuk melakukan optimasi.
Konsep apa On-page SEO
Semua yang didalam SEO, Semua konsep optimasi On-page Itu cara utama yang harus dipahami dalam perkembangan website anda.
Dan masih ada beberpa kategori Optimasi dengan cara yng lain ( off-page, nantinya akan dibahas dibab beikuntnya ), Tapi dari semua itu anda tanpa mengaplikasikan bagaimana cara on-page itu semua akan sia-sia.
Intinya on-page SEO yang simple saja
Maka dari itu anda harus mengoptimasi website anda
1. supaya bermanfaat tinggi bagi para mengunjung wibsite anda
2. Mempermudah para pengunjung dalam melakukan eksplorasi
3. pengunjung merasa betah didalamnya
4. search engine mengerti struktur website anda.
Dari ke-4 poin diatas mungkin anda mempunyai satu pertanyaan?
"Saya bukanya mengoptimasi search engine, kok mala fokus ke pengunjung?
Jawabanya seperti ini...
"...Search engine akan mengetahui dari para pengunjung apakah puas atau tidak dengan halaman yang telah dikunjungi.
Coba bayangkan anda kalau mau mencari informasi sesuatu di google? kemudian anda masuk disalah satu website. tapi isinya tak memuaskan atau tidak sesuai apa yang anda cari, kemungkinan besar habis itu mungkin anda kan klik tombol "back" untuk mencari lagi website yang informasinya tepat.
..."iya kan...?
Semua itu karena dari pihak Google tentunya akan menampilkan website-website yanga akan memuaskan para pengunjung atau para pencari informasi yang di inginkan.
Ada caranya seperti ini:
Komponen dari Halaman Website yang Optimal
Mempunyai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan oleh para pengguna website. Mari kita bahas satu persatu dari kategori dibawah ini:
1. konten
2. judul
3. keyword
4. URL
5. Meta description
6. Media gambar
7. outbound link
8. Sosial sharing
9. internal link
10. kecepatan website
1. Dengan konten berkualitas terbaik
Coba kalau anda perhatikan, konten adalah komponen paling utama dihalaman dalam website anda, Maksutnya konten yang memegang peranan paling terbesar dalam optimasi on-page. Musatahil rasanya bisa mendapatkan peringkat 1 tanpa adanya konten yang berkualitas tinggi.
seperti ini ciri-cirinya:
- Dapat memberikan manfaat maksimum untuk para penggunjung ( user )
- akan lebih menonjol dibanding konten yang sama sejenisnya
- bisa disimak dalam waktu yang panjang oleh para pengunjung
- akan membangkitkan rasa kagum merasa terhibur, kagum, bahagia dll
- Dapat menyelesaikan permasalahan para pengunjung
Jika anda ingin website anda dirangking per-1 di search engine dalam dorasi yang sangat lama, maka semua konten anda lebih bagusnya memenuhi kriteria yang di atas tadi.
Itu yang harus dipahami tanpa terkecuali.
Yang perlu anda ketahui kalau pihak Google secara terus terang menyatakan kalau konten anda menentang seperti konten yang:
- Kurus (thin), maksudtanya tidk mempunyai bobot
- Tidak memberikan nilai tambahan untuk pembaca
- Tidak original ( copy paste )
- Dan membuat pembaca frustasi ( karna mempunyai kualitas sangat rendah )
Parahnya lagi konten yang seperti itu bisa jadi kena pinalti...!!!
Pihak Google dan mesin pencari lain secara aktif akan memperbarui algoritma-nya. Semakan didepan, karena akan semakin memahami kualitas dari sebuah konten dari website tersebut.
Maka dari itu anda harus berhati-hati waktu mau menerbitkan konten ke website anda.
Untuk membantu supaya konten anda mempunyai kualitas yang baik, silahkan baca paduan dibawah ini:
~ 6 elemen pemicu terbesar dalam popularitas konten
~ Metode KTP Spaya konten yang anda buat berbobt
~ Panduan Bagaimana cara penulisan artikel yang baik
~ Metode KTP Spaya konten yang anda buat berbobt
~ Panduan Bagaimana cara penulisan artikel yang baik
2. Untuk keyword yang anda gunakan sangat populer tepat sasaran
Coba di ingat kembali terakhir kali anda menggunakan mesin pencari Google anda menulisakan beberapa kata untuk pencarian ( sebagai keywordnya )
Lalu kemudian pihak google akan menampilkan hasil yang terkait dengan pencarian keyword tadi. Semakin relevan keywordnya akan semakin tinggi peringkatnya.
Jadi seperti ini, pada saat mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keywoard. Setiap halaman website anda harus dioptimasi pling tidak 1 kata kunci. Caranya...?
"...gini dengan cara menyertakan keyword dalam halaman website anda.
Tepatnya sih didalam konten, dijudul juga bisa atau lagi di URL.
Dengan sedemikan itu, maka mesin pencai begitupun para pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website anda.
Dan satu lagi...
Disamping itu anda harus memahami apa yang diterakan dibalik keyword tersebut.
Contoh misalnya seseorang akan melakukan pencarian digoogle dengan kata kunci "beli hanphone" kira-kira apa maksudnya?
Apakah dia ingin membeli handphone atau mungkin dia ingin membaca artikel hanphone terbaru ? seperti itulah... " sepertinya dari yang pertama lebih masuk akal ".
Pihak Google juga memahami dengan hal yang sepeti itu,
sehingga google akan menampilkan halaman-halmanan yang menjual tentang handphone terbaru.
Maka dari itu mustahil dan sulit supaya bisa mendapatkan peringkat tinggi, apabila anda menyediakan artikel tentang jual hanphone terbaru.
3. Judul halaman yang dibuat dapat mengundang klik
Ada cara mudah bagaimana cara mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda cari mungkin sudah punya inceran.
Contoh misalnya keyword "belajar SEO dari nol", maka judulnya mengandung kata "belajar SEO",
Tapi itu saja belum cukup...
yang paling terpengting dalam judul bukan bukan mengoptimasi keyword, tapi mungkin terhadap ketertarikan manusia.
Ketika judul yang anda gunakan mampu menarik perhatian oleh banyak pengunjung, maka peringkat yang diraipun akan naik.
logikanya kayak gini...
Contoh misal ada ke-2 website yang bersaingan di peringkat satu dan dua.
Eh... peringkat ke-2 pengunjungnya lebih banyak dari pada peringkat per-1. Karena judul yang dia buat lebih menarik perhatian para pengunjung.
Sehingga banyak yang ngeklik.
Sehingga banyak yang ngeklik.
Maka dari itu pihak google ingin mengutamakan hasil terbaik, dan website yang peringkat ke-2 akan dinaikan ke peringkat utama.
Bagaimana masuk akal bukan..."?
Dikarenakan judul adalah suatu elemen yang paling pertama dibaca dihasil mesin pencarian, maka dengan cara mengoptimasi judul anda jumlah klik akan bisa bertambah.
Anda bisa baca dipanduan bagiaimana belajar membuat judul yang menarik.
4. URl yang sangat singkat dan deskriptif
Iya meskipun tidak besar pengaruhnya, tetapi URL yang mengandung keywoard akan dapat peringkat pertama diwebsite anda di mesin pencarian ( search engine ).
Berikut contoh URL yang tidak baik, Hindari pengguna URL seperti ini omujib.blogspot.com
URL yang bagus selalu relevan dengan apa isi halaman tersebut:
Contoh seperti:
- Halaman mengenai tentang 'jual-akik' > domain.com/ jual-akik/
- Halaman tentang produk ;macbook pro > domain.com/ laptop/ macbook-pro/
5. Meta description yang deskriptif untuk mengundang klik
Meta description adalah Satu sampai dua kalimat yang muncul dalam mesin pencarian.
Meta description sebetulnya tidak mempengaruhi rangking halaman anda.
Ada yang lain juga, tidak selalu hasil pencarian itu muncul. karena pihak google sekarang lebih sering menggukan kalimat dalam konten sebagai descripsi halaman.
Meskipun tidak ada salahnya bagian ini dioptimasi.
( Itupun waktu yang dihabiskan sangat lama )
Dengan cara meta description yang menarik, itu akan memungkinkan orang lain untuk mengujungi website anda itu akan membut website anda semakin tinggi dan yang terbaik.
Bisa dilogika seperti tadi, semakin banyaknya klik dari manusia dn akan semakin baik peringkat yang didapat website anda.
6. Gambar mempunyai kualitas tinggi dan berukuran optimal
Coba bayangkan ada sebuah halaman website yang 100% itu isi didalamnya semua teks, pasti sangat membosankan. Maka itu gambar/ video itu merupakan salah satu nilai tambahan.
Anehnya seperti ini banayak yang menganggap gambar justru merugikan...
..."itu tidak benar sama sekali.
Tidak akan merugikan anda jika menggunakan media multimedia dalam konten anda.
kecuali, apabila yang digunakan jumlahnya banyak dan sehingga membuat komputer atau pengunjung website anda macet ( lelet ).
kecuali, apabila yang digunakan jumlahnya banyak dan sehingga membuat komputer atau pengunjung website anda macet ( lelet ).
atau tidak ada hubunganya dengan konten..
Beberapa tips menggunkan media gambar:
- Usahakan anda menggunakan gambar itu menyakut tentang konten
- gunakanlah tipe ekstensi yang tepat untuk menghindari file gambar tidak membengkak
- pastikan juga resolusi gambar sesui dengn yang di tampilkan.
- Dan tamahkan atribut alt ketika meletakan gambar.
poin ini sangat penting penguna website yang baru.
karena dari pihak google, sebagai pusat segala informasi tentunya ingin menyediakan konten-konten yang terpecaya supaya informasi tidak menyesatkan banyak orang.
inilah mengapa website terbesar akan lebih mudah masuk halaman pertama...
...karena hasil reputasinya sudah sangat terbangun sejak lama.
Nah begini, karena website anda masih baru , google menganggap isinya belum terpecaya. kerena belum terpecaya, oleh sebab itu akan lebih sulit untuk mendapatkan peringkat tinggi.
Disinilah link refensi akan bisa membantu anda.
Salah satu link ke website lain yang reputasinya bagus dan relevan akan membuat reputasi konten anda jadi lebi baik.
Anologinya kayak gini:
Coba anda ambil salah satu buku non-fiksi.
Nanti didalam buku tersebut pasti ada daftar puaka atau catatan kaki.yang isinya seputar kutipan dari sumber lain.
Buku tanpa ada kutipan sumber lain akan dianggap tidak dipercaya.
seperti itulah...
8. Internal link untuk mempermudah navigasi
ada istilah lain yang disebut dengn bounce.
Bounce mempunyai arti ketika seseorang masuk kewebsite anda, lalu dia langsung keluar tanpa melakukan apapun sebelumnya.
Jika bounce yang didapat dari website anda itu sangat tinggi, bisa dikarenakan:
- Kualitas konten mengecewakan
- Navigasinya yang sulit
Sehingga bounce itu bisa jadi faktor kepuasan dari pengunjung.
Salah satu cara bagaimana menurunkan brounce rate adalah dengan cara memasang internal link ( link antar halaman ), supaya pengunjung dapat lebih mudah untuk berkunjung ke halaman lain dalam website anda.
Berikut bagaimana cara membangun struktur website dengan internal link.
9. Bisa dibagikan di sosial media
Saat ini dari pihak google tidak menganggap jumlah yang dibagikan sebagai faktor mendapatkan peringkat digoogle. tapi itu bukan berarti social sharing tidak ada gunanya.
justru sebaliknya ...
sangat mempunyai dampak dengan adanya social sharing walaupun tidak secara langsung terhadap peringkat website anda.
Seperti ini ini salah satu manfaat dari social share:
- Bisa menambahkan pengunjung
- branding, website secara otomtis akan dikenal
- faktor kepuasan bertambah tinggi ( kalau website anda bisa memuaskan ppara pengunjung yang berdatangan.
- dari pengunjung akan memberikan backlink ( akan dibahas lebih lanjut dalam bab selanjutnya )
Inilah yang mempunyai efek terhadap SEO.
Keetika diwebsite anda sudah dikenal banyak orang maka secara otomatis orang-orang akan mencari website anda lewat search engine.
Soalnya kebanyakan orang mencari informasi lewat google, dan reputasi website anda akan dianggap bagus oleh pihak google.
Oleh sebab itu, pasanglah tombol shar diwebsite anda.
Lalu kemudian anda gunakan elemen pemicu popularitas supaya membuat konten menarik dan di share.
10. Kecepatan respon dan hambatan kecepatan terdapat website anda
Soalnya website yang lebih cepat di indek pihak google itu yang akan mendapatkan peringkat yang baik.
Dalam sebuah artikel yang ditulis Billy Hoffman di MOZ, terlihat bahwa website yang selalu berada di rangking atas sangat mempunyai waktu respon yang singkat.
1Time to firdt byte ( TTFB ) maksudnya waktu yang dibutuhkan server website sampai user mendapat 1 byte pertama. dengan kata lain waktu respon server.
Soalnya peningkatan kecepatan bukan hanya untuk search engine. termasuk para pengunjung ini akan lebih nyaman berada diwebsite yang waktu loadingnya singkat.
Ada yang bikin menghambat kecepatan website:
- kualitas dari hosting yang digunakan
- jumlah file.js dan css di <head>
- Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga menganggu pengunjung
Coba anda bisa uji kecepatan website anda melalui Google page speed test. segera lakukan perbaiki kalau sekornya sibawah 75.
Anda sudah menyelesaikan 2 dari 7 bab
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar